Boot Loader, Grub Loader Dilinux

Boot Loader Linux (Ubuntu)
15 Januari 2012 at 1:53 am (boot, Pengenalan dan dasar) (bootloader, ubuntu)
Boot Loader adalah aplikasi yang digunakan untuk memilih sistem operasi yang dijalankan, fungsi boot loader ini baru akan terlihat jika kita menggunakan lebih dari satu sistem operasi pada satu komputer. Boot loader pada linux disebut grub. GRUB adalahGRand Unified Bootloader, merupakan bootloader yang powerfull yang dapat me-load berbagai macam sistem operasi.

File konfigurasi boot loader Grub pada ubuntu /boot/grub/menu.lst atau/boot/grub/grub.cfg , file ini harus berisi setidaknya baris ini:

  default = 0
  timeout = 10
  # Untuk boot kernel default
  title Ubuntu Linux
  root (hd0,1)
  kernel /boot/vmlinuz root=LABEL=/
  initrd    /boot/initrd.img
Penjelasan dari file konfigurasi diatas kurang lebih sebagai berikut:

1. default

Bagian ini berisi pilihan sistem yang akan di-load jika user tidak menekan tombol apapun ketika proses booting berjalan, pada file konfigurasti diatas default=”0″, berarti sistem yang akan di-load adalah sistem dengan urutan yang pertama, 0 berarti yang pertama, 1 berarti yang kedua. Sistem dengan urutan yang pertama pada contoh diatas adalah title Ubuntu Linux ini yang akan diload secara default.

2. timeout

Bagian ini berisi waktu dalam satuan detik, yang dibutuhkan oleh Grub untuk me-load sistem operasi default jika user tidak menekan tombol apapun ketika proses booting berjalan, pada contoh diatas set timeout=10, berarti jika dalam 10 detik user tidak menekan tombol apapun maka Grub akan me-load sistem operasi default-nya, dalam contoh me-load “Ubuntu”.

3. title

Teks yang akan muncul dalam menu Grub, dibawahnya berisi konfigurasi untuk masing-masing sistem operasi yang akan di-load.

4. root

Root menandakan lokasi penyimpanan kernel sistem. Pada contoh diatas set root=’(hd0,1)’, berarti kernel sistem berada di harddisk pertama pada partisi kedua.

5. kernel

Untuk konfigurasi letak dari kernel.

6. initrd

Untuk memberitahukan letak init ram disk berada pada file /boot/initrd.img
Grub Loadermerupakan sebuah sistem pada komputer yang terdapat dua atau lebih sistem operasi atau OS (linux dan windows). Grub loader sendiri fungsinya adalah sebagai salah satu fasilitas pilihan OS pada saat komputer booting atau mulai di hidupkan, Kalau komputer kita ada grub loader-nya, maka kita bisa pilih OS yang ingin kita pilih dan kemudian Log On. Sedangkan kalau tidak ada grub loadernya atau grubnya rusak bahkan hilang kita tidak bisa masuk, Waduh kesalahan itu namanya!

Langsung saja ya gan,!
 Berikut Langkah-langkah atau Cara Mengembalikan Grub Loader di Ubuntu Lucid Lynx 10.04, yang perlu disiapkan yaitu:
  • Kopi + rokok + gorengan (kalau ada)
  • CD ubuntu 9.10 Karmic Koala atau CD ubuntu 10.04 Lucid Lynx.
  • Kemudian sebelum ke langkah selanjutnya setting dahulu komputer anda untuk Booting lewat CD ROM, tentunya lewat BIOS gan.! pilih  firs boot CD Rom di bios anda dan kalau sudah, masukkan CD ubuntu tersebut untuk masuk secara Live Cd Ubuntu.
Langkah selanjutnya yaitu
  • Buka Aplications --> Accessories --> Terminal
  • Ketikkan sudo su kemudian enter
  • Kemudian ketikkan fdisk -l
  • Mount dulu partisi yang terinstal Linux ubuntu
  • Ketikkan mount/dev/sda8 /mnt, dimana sda* adalah partisi dimana terinstal Ubuntu.
 
Dan kemudian Install Grub
  • Ketikkan grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda* (isikan sda sesuai dengan partisi anda)
Setelah muncul keterangan installation finished, No error reported.
artinya instalasi GRUB sudah berhasil dan selesai.
silahkan reboot atau restart komputer anda, dengan mengetikkan reboot now kemudian Enter.

Selamat Grub Loader di Ubuntu anda sudah kembali Normal.
sedikit saran dari saya, setelah grub anda sudah normal kembali sebaiknya di pupgrade, ketikkan sudo update-grub kemudian enter.
Semoga berhasil.

0 komentar: