Membuat Monitor Dengan Flash

Ya gak mungkinlah membuat monitor dengan Adobe Flash  . Yang saya maksud disini adalah membuat gambar monitor sederhana namun eye candy, dan nantinya bisa kita manfaatkan untuk pembuatan galeri foto ataupun video misalnya.
Ini adalah tutorial teknik menggambar dalam Flash untuk bereksplorasi pada penggunaan warna gradasi. Tutorial ini dibuat dengan asumsi bahwa anda telah mengetahui konsep menggambar pada Flash, namun demikian tidak sulit untuk dicoba bagi yang benar-benar pemula
Langkah 1
Buat objek kotak berwarna hitam tanpa stroke dengan menggunakan Rectangle Tool sebagai bentuk dasar dari monitor kita. Sebelumnya pastikan icon Object Drawing pada toolbox tidak aktif.

Langkah 2
Dari toolbar, pilih warna stroke yang terang, dan buat garis seperti pada gambar berikut dengan menggunakan Line Tool (N).

Langkah 3
Copy-kan bagian kanan yang terpotong oleh garis dengan menahan Alt+Drag, dan letakkan diluar agar tidak mengganggu gambar yang lain. (bisa juga menggunakan Ctrl+C dan Ctrl+V).

Langkah 4
Dari panel warna, ganti warna objek hasil copy tersebut dengan warna gradasi type Linear dari warna putih dengan alpha 80 % ke warna putih dengan alpha 0 %.

Langkah 4
Putar arah gradasi dengan menggunakan Gradient Transform Tool (F) sehingga tampak seperti gambar berikut.


Langkah 5
Hapus garis berwarna hijau yang kita buat tadi. Tekan Ctrl+G untuk membuat grup untuk masing-masing objek monitor dan objek gradasi, kemudian posisikan kedua objek seperti pada gambar.

Langkah 6
Sekarang kita akan membuat layar monitornya. Klik pada stage diluar gambar untuk memastikan tidak ada objek yang terseleksi, kemudian dari panel color atur warna stroke menjadi type Linear dari warna hitam (#00000) ke warna abu-abu (#999999), dan warna fill menjadi None.





Langkah 7
Aktifkan Mode Object Drawing. Atur ketebalan stroke menjadi 3 dari “Properties”, kemudian buat area kotak dengan menggunakan Rectangle Tool hingga tampak seperti pada gambar. Sebelumnya pastikan “Join” dalam piilhan “Miter”.



Langkah 8
Putar arah gradasi dengan menggunakan Gradient Transform Tool (F) sehingga bagian abu-abu berada dibawah, dan hitam dibagian atas.


Langkah 9
Sejauh ini gambar monitor kita sudah mulai kelihatan. Tinggal kita tambahkan sedikit detil untuk membuatnya lebih menarik. Klik dua kali pada objek dasar monitor kita, dan lengkungkan bagian bawahnya dengan menggunakan Selection Tool (V).


Langkah 10
Buat dua buah garis seperti tampak pada gambar, dan lengkungkan juga seperti langkah sebelumnya.

Langkah 11
Ubah warna fill diantara kedua garis tersebut dengan menggunakan tiga warna gradasi dari #666666 -> #999999 -> #666666. Bila sudah selesai garis bisa kita hapus, dan kita bisa kembali ke Scene 1.

Dan gambar monitor kita sudah selesai! Kita telah mendapatkan gambar yang tidak tampak sederhana dari tool gambar Flash yang masih sederhana. Tinggal anda tambahkan detil untuk membuatnya lebih menarik seperti tombol on/off, atau lampu indikator atau bisa juga anda tambahkan merk anda sendiri 

Selamat berkreasi dan semoga memberi manfaat.
comments powered by Disqus