Offitcal Drive

OFFTICAL DRIVE
Dalam komputer, sebuah optical disc drive (ODD) adalah disk drive yang menggunakan sinar laser atau gelombangelektromagnetik di dekat spektrum cahaya sebagai bagian dariproses membaca atau menulis data ke atau dari cakram optik.Beberapa drive hanya dapat membaca dari disk, tapi driveterbaru yang umumnya baik pembaca dan perekam. Perekamkadang-kadang disebut pembakar atau penulis. Compact disc,DVD, dan Blu-ray adalah jenis umum media optik yang dapatdibaca dan direkam oleh drive tersebut.
Disk drive optik merupakan bagian integral dari peralatankonsumen berdiri sendiri seperti CD players, pemutar DVD danperekam DVD. Mereka juga sangat umum digunakan dalamkomputer untuk membaca media perangkat lunak dan konsumendidistribusikan dalam bentuk CD, dan untuk merekam cakramuntuk arsip dan pertukaran data. Optical drive-bersama denganflash memory-sebagian besar telah mengungsi drive floppy diskdan tape drive magnetik untuk tujuan ini karena rendahnya biayamedia optik dan di mana-mana-dekat optical drive di komputerdan perangkat keras konsumen hiburan.
Rekaman umumnya dibatasi untuk cadangan skala kecil dandistribusi, menjadi lebih lambat dan lebih mahal material per unitdari proses pencetakan yang digunakan untuk memproduksimassal cakram ditekan.




Laser dan optik 

Bagian yang paling penting dari disc drive optik adalah jalur optik, ditempatkan di kepala pickup (Puh), [1] biasanya terdiri dari laser semikonduktor, sebuah lensa untuk mengarahkan sinar laser, dan dioda mendeteksi pantulan cahaya dari permukaan disk. [2] 
Awalnya, CAT laser dengan panjang gelombang 780 nm digunakan, sedang dalam jangkauan inframerah. Untuk DVD, panjang gelombang berkurang menjadi 650 nm (warna merah), dan panjang gelombang untuk Blu-Ray Disc dikurangi menjadi 405 nm (warna ungu). 
Dua servomechanisms utama yang digunakan, yang pertama untuk menjaga jarak yang benar antara lensa dan disc, dan memastikan sinar laser difokuskan pada laser spot kecil pada disk. 
Servo bergerak kedua kepala sepanjang jari-jari disk, menjaga balok pada alur, spiral jalur data kontinu. 
Di media hanya membaca (ROM), selama proses pembuatan alur, terbuat dari lubang, yang ditekan pada permukaan yang datar, tanah yang disebut. 
Karena kedalaman lubang sekitar satu-0:45 seperenam dari panjang gelombang laser, fase sinar tercermin adalah bergeser dalam kaitannya dengan membaca berkas yang masuk, menyebabkan gangguan saling merusak dan mengurangi intensitas sinar mencerminkan itu. Hal ini terdeteksi oleh foto dioda yang sinyal output listrik. 
encode perekam A (atau luka bakar) data ke CD-R recordable, DVD-R, DVD + R, atau disc BD-R (disebut kosong) dengan selektif pemanasan bagian dari lapisan pewarna organik dengan laser [rujukan?]. 
Ini mengubah reflektifitas zat warna, sehingga menciptakan tanda yang bisa dibaca seperti lubang-lubang dan tanah di disk ditekan. Untuk disc recordable, proses adalah permanen dan media dapat ditulis hanya sekali. 
Sedangkan laser membaca biasanya tidak lebih kuat dari 5 mW, laser menulis adalah jauh lebih kuat. Kecepatan menulis lebih tinggi, semakin sedikit waktu laser harus panas titik pada media, sehingga kekuatannya telah meningkat secara proporsional. DVD burner 'sering puncak di sekitar 200 mW laser, baik dalam gelombang kontinyu dan kacang-kacangan, walaupun beberapa telah didorong sampai dengan 400 mW sebelum dioda gagal. 
Untuk rewritable CD-RW, DVD-RW, DVD + RW, DVD-RAM, atau media BD-RE, laser digunakan untuk melelehkan paduan logam kristal di lapisan perekaman dari disk. 
Tergantung pada jumlah daya yang digunakan, substansi mungkin diperbolehkan untuk mencairkan kembali (mengubah kembali tahap) ke dalam bentuk kristal atau kiri dalam bentuk amorf, memungkinkan tanda dari berbagai reflektifitas yang akan dibuat. 
media Double-sisi dapat digunakan, tetapi mereka tidak mudah diakses dengan drive standar, karena mereka harus secara fisik diserahkan kepada mengakses data di sisi lain. 
Double layer (DL) media memiliki dua lapisan data independen yang dipisahkan oleh sebuah lapisan semi-reflektif.  single layer Tradisional (SL) media dapat ditulis diproduksi dengan alur spiral dibentuk di lapisan polycarbonate pelindung (tidak dalam lapisan pencatatan data), untuk memimpin dan melakukan sinkronisasi kecepatan perekaman kepala. 
Kedua lapisan dapat diakses dari sisi yang sama, tetapi memerlukan optik untuk mengubah fokus laser.media dapat ditulis Double-lapis memiliki: lapisan polikarbonat pertama dengan alur (dangkal), lapisan data pertama, lapisan semi-reflektif, lapisan (spacer) kedua polikarbonat dengan alur yang lain (dalam), dan lapisan data kedua. Spiral alur pertama biasanya dimulai pada tepi dalam dan meluas keluar, sedangkan mulai alur kedua di tepi luar dan meluas ke dalam. 
Beberapa drive Hewlett-Packard mendukung teknologi LightScribe fotothermal cetak untuk label khusus cakram dilapisi.


Mekanisme rotasi 

Optical drive 'mekanisme rotasi berbeda jauh dari hard disk drive', dalam bahwa yang terakhir menjaga kecepatan sudut konstan (CAV), dengan kata lain sejumlah konstan putaran per menit (RPM). Dengan CAV, throughput lebih tinggi biasanya dicapai pada daerah disk luar, dibandingkan dengan daerah dalam. 
Di sisi lain, drive optik dikembangkan dengan asumsi mencapai throughput konstan, dalam drive CD pada awalnya sebesar 150 KiB / s. 
Ini merupakan fitur penting untuk streaming data audio yang selalu cenderung memerlukan bit rate konstan. Tetapi untuk memastikan tidak ada kapasitas disk yang terbuang, kepala harus mentransfer data pada tingkat linear maksimum setiap saat juga, tanpa memperlambat pada tepi luar dari disk. Hal ini telah menyebabkan optik drive-sampai saat ini-yang beroperasi dengan kecepatan linier konstan (CLV). Alur spiral disk lewat di bawah kepalanya pada kecepatan konstan. Tentu saja implikasi dari CLV, sebagai lawan CAV, adalah bahwa kecepatan disk sudut tidak lagi konstan, dan motor spindle perlu dirancang untuk kecepatan bervariasi antara 200 RPM pada tepi luar dan 500 RPM pada tepi bagian dalam. 
Kemudian CD drive menyimpan paradigma CLV, tapi berevolusi untuk mencapai kecepatan rotasi yang lebih tinggi, yang populer dijelaskan dalam kelipatan kecepatan basis. 
Akibatnya, drive 4X, misalnya, akan memutar di 800-2000 RPM, sedangkan mentransfer data terus di 600 / s KiB, yang sama dengan 4 x 150 KiB / s. 
Untuk kecepatan dasar DVD, atau "kecepatan 1x", adalah 1,385 MB / s, sama dengan 1,32 / s MiB, sekitar 9 kali lebih cepat dari kecepatan dasar CD. 
Untuk Blu-ray drive kecepatan dasar adalah 6,74 MB / s, sebesar 6,43 MiB / s. 
Ada batas mekanik untuk seberapa cepat disk bisa berputar. 
Di luar tingkat tertentu rotasi, sekitar 10000 RPM, stres sentrifugal dapat menyebabkan plastik disk untuk menghancurkan creep dan mungkin. Di tepi luar dari disk CD, pembatasan RPM 10000 kira-kira sama dengan 52x kecepatan, tapi di tepi dalam hanya untuk 20x. Beberapa drive semakin menurunkan kecepatan baca maksimal untuk sekitar 40x pada pemikiran bahwa disk kosong akan jelas dari kerusakan struktural, tetapi disk dimasukkan untuk membaca mungkin tidak. Tanpa kecepatan rotasi yang lebih tinggi, meningkatkan performa membaca mungkin dapat dicapai oleh sekaligus membaca lebih dari satu titik dari alur data [3], tapi drive dengan mekanisme tersebut lebih mahal, kurang kompatibel, dan sangat jarang. 
Strategi rekaman Z-CLV mudah terlihat setelah membakar DVD-R. 
Karena menjaga transfer rate konstan untuk seluruh disk tidak begitu penting dalam kebanyakan menggunakan CD kontemporer, untuk menjaga kecepatan rotasi dari disk aman rendah, sementara memaksimalkan data rate, pendekatan CLV murni harus ditinggalkan. 
Beberapa drive bekerja secara parsial (PCLV) skema CLV, dengan beralih dari CLV untuk CAV hanya ketika batas rotasi tercapai. Tapi beralih ke CAV membutuhkan perubahan besar dalam desain hardware, jadi bukannya drive kebanyakan menggunakan kecepatan linier dikategorikan konstan (Z-CLV) skema. Ini membagi disk menjadi beberapa zona, masing-masing memiliki kecepatan linier sendiri yang berbeda konstan. Sebuah perekam Z-CLV peringkat "52X", misalnya, akan menulis di 52X di zona terdalam dan kemudian semakin mengurangi kecepatan dalam beberapa langkah diskrit ke 20X di tepi luar.
Loading mekanisme 

optical drive saat ini menggunakan baik mekanisme tray-loading, dimana disk dimasukkan ke sebuah baki bermotor atau dioperasikan secara manual, atau mekanisme slot-loading, dimana disk meluncur ke dalam slot dan ditarik oleh rol bermotor.Slot-loading drive memiliki kelemahan yang biasanya mereka tidak dapat menerima 80 mm yang lebih kecil cakram atau ukuran non-standar, namun Wii dan PlayStation 3 video game konsol tampaknya telah dikalahkan masalah ini, karena mereka dapat memuat DVD ukuran standar 
dan 80 mm disc di drive slot-loading sama [rujukan?]. 
Sejumlah kecil model drive, unit portable sebagian besar kompak, memiliki mekanisme top-loading mana tutup drive dibuka ke atas dan disk ditempatkan langsung ke kumparan. [4] (misalnya, semua PlayStation 1 konsol, CD player portabel , dan beberapa perekam CD mandiri semua fitur top-loading drive). 
Ini kadang-kadang memiliki keuntungan menggunakan ball bearing spring-loaded untuk menahan disk pada tempatnya, meminimalkan kerusakan pada disk jika drive dipindahkan ketika sedang berputar ke atas. 
Beberapa CD-ROM drive awal menggunakan mekanisme dimana CD harus dimasukkan ke dalam cartridge khusus atau Caddies, agak mirip dalam tampilannya disket 3,5 "floppy. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi disk dari kerusakan akibat kecelakaan dengan melampirkan itu dalam casing plastik keras , tetapi tidak mendapatkan penerimaan yang luas karena biaya tambahan dan drive kompatibilitas kekhawatiran-seperti juga akan inconveniently membutuhkan "telanjang" disk secara manual dimasukkan ke dalam caddy dapat dibuka sebelum digunakan.
Komputer interface

Digital audio output, output audio analog, dan sejajar antarmuka ATA.
Kebanyakan drive internal untuk komputer pribadi, server dan workstation dirancang untuk muat dalam teluk 5,25 standar "drive dan terhubung ke host mereka melalui antarmuka ATA atau SATA Selain itu, mungkin ada output digital dan analog untuk audio Red Book.. Keluaran dapat dihubungkan melalui kabel header ke kartu suara atau motherboard Pada suatu waktu, perangkat lunak komputer yang menyerupai pemain cd pemutaran dikendalikan dari CD.. Hari informasi diekstraksi dari disk sebagai data, yang akan diputar kembali atau diubah ke format file lain .
drive eksternal biasanya memiliki interface USB atau FireWire.Beberapa versi portabel untuk daya menggunakan laptop diri mereka sendiri baterai atau mematikan antarmuka bus mereka. 
Drive dengan interface SCSI ada, tetapi kurang umum dan cenderung lebih mahal, karena biaya chipset interface dan konektor SCSI lebih kompleks. 
Ketika disc drive optik pertama kali dikembangkan, itu tidak mudah untuk ditambahkan ke sistem komputer. Beberapa komputer seperti IBM PS / 2 adalah standardisasi di 3.5 "floppy dan 3.5" hard disk, dan tidak termasuk tempat untuk perangkat internal yang besar. Juga IBM PC dan klon pada awalnya hanya mencakup antarmuka ATA drive, yang pada saat CDROM diperkenalkan, sudah digunakan untuk mendukung dua hard drive.Awal laptop hanya tidak memiliki built-in interface kecepatan tinggi untuk mendukung perangkat penyimpanan eksternal.
Hal ini diselesaikan melalui beberapa teknik:
Awal kartu suara dapat mencakup antarmuka ATA kedua, meskipun sering terbatas untuk mendukung optical drive tunggal dan tidak ada hard drive. Ini berevolusi menjadi antarmuka ATA modern kedua termasuk perlengkapan standar
Sebuah drive eksternal paralel port dikembangkan yang menghubungkan antara printer dan komputer. Hal ini lambat tapi pilihan untuk laptop
Sebuah antarmuka PCMCIA drive optik juga dikembangkan untuk laptop
Sebuah kartu SCSI bisa dipasang di PC desktop untuk kandang drive SCSI eksternal, meskipun SCSI itu biasanya jauh lebih mahal dibandingkan pilihan lain.

Kesesuaian

Kebanyakan optical drive kompatibel dengan nenek moyangmereka sampai ke CD, meskipun hal ini tidak diperlukan olehstandar.
Dibandingkan dengan 1,2 mm lapisan CD dari polycarbonate, sinarlaser DVD hanya harus menembus 0,6 mm untuk mencapaipermukaan rekaman. Hal ini memungkinkan drive DVD untukmemfokuskan sinar pada ukuran tempat yang lebih kecil dan untukmembaca lubang kecil. Lensa DVD mendukung fokus yang berbeda untuk media CD atau DVD dengan laser yang sama.



comments powered by Disqus