Membuat Bootable Installer Windows 7 dari ISO

Jika kita mengunduh installer Windows 7 dari online storenya Microsoft atau dari MSDN pasti hasil downloadnya adalah sebuah berkas ISO. Nah sekarang bagaimana jika kita ingin menyimpan berkas ISO ini ke sebuah DVD atau sebuah perangkat USB dan dibuat bootable? Berikut cara mudahnya:
  1. Unduh aplikasi Windows 7 USB/DVD Download Tool dari Microsoft Store atau klik di sini.
  2. Lalu buka berkas hasil unduhan tersebut dan jalankan instalasinya.
  3. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi ini dengan mencarinya di start menu di senarai All Programs kita.
  4. Maka terbukalah aplikasinya seperti berikut, pilih source berupa ISO yang akan kita buat bootable DVD atau USB disknya.
  5. Lalu klik Next, lalu pilih apakah kita akan membuat sebuah bootable USB device atau sebuah bootable DVD. Pada contoh kasus kali ini kita contohkan kita akan membuat bootable DVD, untuk kasus membuat bootable USB device kurang lebih kiranya akan sama. J (Sebenernya males ngetik aja nih yang punya blognya hehe)
  6. Maka kita klik DVD, lalu kita akan diminta untuk memastikan bahwa pada drive DVD Writer kita sudah terisi sebuah DVD kosong yang siap diisi. (Oh ya, memiliki sebuah perangkat DVD Writer adalah sebuah keharusan untuk dapat membuat sebuah bootable DVD J)
  7. Nah kalau sudah siap semuanya, klik Begin burning dan aplikasi ini akan langsung mulai membakar sebuah bootable DVD untuk kita. Kalau mau mengulangi lagi tahapan-tahapannya boleh deh mengklik Start over, tapi jangan keseringan. :P
  8. Sambil menunggu bisa mengisi waktu luang dengan apa pun. Sekitar 10 menit laah paling lama..
  9. Nah, setelah selesai (dengan asumsi ga kepencet tombol Cancel) maka tray DVD Writer kita akan terbuka secara otomatis tanda bootable DVD kita telah selesai dibuat dan kita bisa keluar dari aplikasi ini.
Setelah ini, kita dapat menggunakan bootable DVD ini untuk menginstall Windows bahkan tanpa perlu masuk OS terlebih dahulu, langsung dari saat booting masih dalam tahapan BIOS. J
comments powered by Disqus