IT Telkom Bangun Bandung Techno Park

IT Telkom Bangun Bandung Techno Park

 Menuju Jabar Cyber Province (JCP), Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) dan Departemen Perindustrian RI bangun Bandung Techno Park (BTP).

Keberadaan BTP diharapkan menjadi ICT Park yang berkontribusi dalam pembentukan masyarakat informasi indonesia yang bisa menggerakkan roda ekonomi nasional di bidang informasi dan telekomunikasi.

Seperti dipaparkan oleh penanggung jawab BTP, Jangkung Raharjo kepada detikINET usai peresmian dan prosesi peletakan batu pertama di komplek kampus IT Telkom, Jalan Telekomunikasi, Kabupaten Bandung, Selasa (12/1/2010), BTP ini akan menciptakan technopreneur di kalangan mahasiswa.

“Kita lihat latar belakang, Jabar potensial industri ICT dan industri kreatif. BTP ini akan mendorong terciptanya technopreneur muda di kalangan mahasiswa,” kata pria yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Elektro dan Komunikasi IT Telkom.

Pemprov Jabar sendiri mencanangkan tahun 2012, Jabar Cyber Province dapat terwujud. BTP ini sendiri, harap Jangkung dapat menstimulus terwujudnya Jabar Cyber Province. Hal ini karena melihat potensi industri kecil menengah yang berbasis ICT di Jabar jumlahnya sangat banyak. Namun banyak pula di antara mereka yang kolaps bahkan gulung tikar.

“Saya lupa data lengkapnya tapi lebih dari 100 industri kecil menengah yang berbasis ICT. Sayangnya banyak yang kolaps. Belum mandiri dan pemasaran menjadi kendalanya. Saya harap BTP ini bisa menjawab permasalahan tersebut,” ungkapnya.

Saat ini, imbuhnya, gedung utama BTC didanai penuh oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Telkom. Uang sebesar Rp 6 miliar digelontorkan untuk pembangunan gedung utama yang berada di komplek kampus IT Telkom ini.

“Yayasan danai Rp 4 miliar untuk bangunan gedung utama seluas 1.000 meter per segi dan Rp 2 miliar untuk pembangunan jalan akses masuknya sepanjang 400 meter,” pungkasnya.

Sumber: detik.com
comments powered by Disqus