Akses Remote Dekstop dengan TightVNC

Virtual Network Computing yang biasa disingkat dengan VNC adalah suatu aplikasi system yang biasa digunakan untuk me-remote komputer dengan modus grafis. Hal seperti ini biasa dilakukan ketika menggunakan sistem Operasi Windows yang diremote. Terlebih lagi jika menggunakan sesama Windows saat melakukan remote system.
Akses Remote Dekstop dengan TightVNC Image
Tight Virtual Network Computing (Tight VNC) merupakan tool administratif remote profesional bagi banyak Profesional TI. Kita lihat bagaimana mengonfigurasi TightVNC untuk akses yang aman ke sistem Remote.

Mari kita langsung saja kepada tahap pembedahannya :
  1. Download paket installasi TightVNC dari www.tightvnc.com/download.php. Setelah file installasi tersedia, klik ganda file excutable. Welcome To TighVNC Setup akan muncul. Klik Next. Lihat syarat GNU Genersal Public License, dan kemudian klik Next sebagai tanda kesediaan anda untuk menerima syarat tersebut.
  2. Tentukan lokasi dimana anda ingin meletakkan file aplikasi, dan kemudian klik Next. Pilih apakah anda ingin melakukan Full Installation, compact installation, atau costumer installation.
    Akses Remote Dekstop dengan TightVNC Image
  3. Pada contoh disini, kita akan melakukan full installation dengan setting default, klik Next. Tentukan apakah program setup harus membuat program start menu, nama yang ingin anda gunakan untuk folder tersebut, dan kemudian klik Next. Konfigurasi setting tambahan lainnya, secara default, file.vnc diasosiasikan dengan TighVNC Viewer.
  4. Jika anda ingin system berfungsi secara VNC server, atau sistem host, beri tanda centang Register TightVNC Server As System Server. Selanjutnya klik Next. Layar Ready to Install akan muncul.
    Akses Remote Dekstop dengan TightVNC Image
  5. Klik install untuk memasang TightVNC, aplikai akan memasang dirinya sendiri, dan kemudian anda akan melihat Completing TightVNC Setup Wizard. Klik Finish untuk menyelesaikan Installasi TightVNC. Pada system yang di konfigurasi sebagai server, atau host untuk koneksi remote, reboot windows.
Setelah TightVNC ter-install pastikan TightVNC diset supaya berjalan sebagai system service, dengan demikian TightVNC akan berjalan dalam keadaan aktif pada waktu anda ingin terhubung secara remote, meskipun tidak ada user hadir atau duduk di workstation remote. Kita lanjutkan ke proses berikutnya:
  1. Buat password untuk sesi TightVNC. Anda bisa memasukkan password dengan mengklik ganda icon VNC dari dalam sistem tray windows (atau jika tidak ada klik start, all program, TightVNC, Launch TightVNC server), dan masukkan password dibagian Incoming Connections. Tentukan setting tambahan lainnya, seperti apakah anda ingin men-disable penggunaan password kosong, meng-enable koneksi loopback, dan mencatat sesi ke log, dengan mengklik tombol Advanced. Setelah mengonfigurasi setting seperti yang diinginkan, klik Apply, lalu klik OK untuk menutup semua jendela yang terbuka.
  2. Pastikan windows firewall (dan semua software dan hardware firewall lainnya) sudah dikonfigurasi, supaya memperbolehkan TightVNC. Pada windows, klik Start, kontrol panel, windows firewall, dan pilih tab exceptions. Pastikan TightVNC Win32 server sudah dicentang, jika tidak, windows akan diblokir koneksi yang akan dilakukan. Pada firewall lain port 5900 mungkin dibutuhkan supaya trafic VNC bisa lewat dengan baik (implementasi VNC yang lain kadang-kadang menggunakan port 5500 dan 5800). Untuk keamanan terbaik, test konfigurasi untuk mengetahui port minimum yang harus dibuka.
  3. TightVNC sudah terinstalansi pada sistem remote, dan juga sudah dikonfigurasi. Lanjutkan proses dengan menginstalasi  tightVNC pada sistem lokal, dan kemudian lakukan langkah berikut untuk menghubungi sistem remote: buka tightVNC viewer pada sistem lokal dengan mengklik Start, All Programs, TightVNC, TightVNC Viewer. Jendela connections details akan muncul. Masukkan nama remote VNC Server yang ingin anda hubungi. Jika anda telah menubaha pofrt default, gunakan fort yang baru dengan menggunakan format berikut: 192.168.1.1:9500.
    Akses Remote Dekstop dengan TightVNC Image
  4. Klik options untuk mengonfigurasi setting tambahan. Kotak dialog connection option akan muncul. Konfigurasi setuap opsi yang dibutuhkan ( misalnya menmyembunyikan kursor remote dan membatasi pixel  ke 8-bits pada jaringan yang lambat).  Anda akan dibawa kembali ke layar details. Klik OK untuk terhubung ke sistem remote. Masukkan password yang ditentukan  pada sistem remotelalu klik OK.  Layar sistem remote akan tampil pada sistem lokal, sehingga anda bisa melihat dan mengonfigurasi sistem remote dengan menggunakan workstation lokal atau server.
    Akses Remote Dekstop dengan TightVNC Image
Cukup mudah bukan? Anda bisa melakukan banyak hal dengan TightVNC, remote server, konfigurasi dan banyak hal lagi. Jika mengalami kesulitan dengan konfigurasi ini, silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini. Kami akan dengan senang hati membantu menyelesaikan masalah anda.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.

comments powered by Disqus