Sharing koneksi internet pada jaringan peer to peer

Berhubung kemarin dikampus ada dua komputer yang digunakan oleh teman-teman tetapi hanya satu komputer yang dapat terkoneksi keinternet dan salah satu tidak. Berhubung Hub dan Switch tidak ada jadi saat itu saya bertanya kepada teman apakah komputer yang terkoneksi tersebut memiliki 2 NIC dan ternyata iya. Jadi langsung saja koneksikan komputer yang tidak memiliki akses internet ke host yang memiliki 2 NIC tersebut. Ini bertujuan untuk melakukan sharing koneksi internet dengan melakukan Bridge Connections pada kedua komputer. Berikut ini merupakan topology dari kedua komputer tersebut agar dapat terkoneksi internet:

Untuk melakukan Bridge Connections ikuti langkah – langkah berikut:
  1. Pada PC A Masuklah pada Control Panel lalu double klik icon Network Connections.
  2. Setelah berada pada Network Connections sortir kedua NIC lanjutkan dengan mengklik kanan lalu pilih Bridge Connections . Setelahnya akan nampak icon bridge baru :
  3. Double klik icon tersebut dan ubah IP addressnya sesuai eth0 PC A pada topology diatas.
  4. Set IP address eth1 PC B sesuai topology diatas.
Sekarang komputer PC B dapat berinternet ria dengan mengambil sebagian koneksi dari PC A. Jadi bila kamu mempunyai 2 komputer dan ingin mengkoneksikannya ke internet tetapi tidak memiliki HUB maupun Switch gunakan saja cara diatas. Semoga tutorila diatas dapat membantu.
comments powered by Disqus