Apa Itu Rich Media ?

Media kaya Istilah ini diciptakan untuk menggambarkan berbagai media interaktif digital. media kaya bisa download atau mungkin tertanam dalam sebuah halaman web. Kalau download, bisa dilihat atau digunakan offline dengan media player seperti Real Networks RealPlayer, Microsoft Media Player, atau Apple QuickTime, antara lain. 

Mendefinisikan karakteristik media yang kaya adalah bahwa hal itu menunjukkan gerak dinamis. Gerakan ini dapat terjadi dari waktu ke waktu atau sebagai respon langsung terhadap interaksi pengguna. 

Dua contoh gerak dinamis yang terjadi dari waktu ke waktu adalah siaran berita video streaming dan saham "ticker" yang terus update sendiri. Contoh gerak dinamis dalam merespon interaksi pengguna adalah rekaman webcast digabungkan dengan tampilan slide disinkronkan yang memungkinkan kontrol pengguna. Lain adalah, animasi file presentasi interaktif tertanam dalam suatu halaman web. 

Unsur media yang kaya semakin digunakan dalam pendidikan, di daerah mulai dari jarak jauh belajar mengajar berbasis web dan alat pembelajaran. 

Tidak mengherankan, media yang kaya menyajikan berbagai tantangan aksesibilitas. Namun, media yang kaya dapat diakses jika semua elemen yang dikembangkan dengan aksesibilitas dalam pikiran dan produk akhir digunakan atau dilihat di media player diakses. rich media diakses biasanya menyertakan captioning, deskripsi audio, dan navigasi menggunakan keyboard. 

Diakses pemutar media adalah mereka yang dapat dioperasikan oleh semua pengguna, termasuk yang menggunakan pembaca layar. Mereka juga harus memberikan penulis dengan cara untuk menambahkan keterangan, deskripsi audio, diperpanjang deskripsi audio, dan sub judul. Tingkat saat ini aksesibilitas bagi media player menciptakan situasi yang menarik. Beberapa pemutar media memungkinkan deskripsi video yang akan dibuat dan dimainkan namun memiliki antarmuka yang tidak dapat diakses pengguna pembaca layar tidak bisa beroperasi. Hal ini menyebabkan penonton utama untuk deskripsi audio tidak dapat memilih tombol PLAY. 

Masalah lainnya adalah bahwa keterangan mungkin terlihat berbeda ketika dibuat pada satu pemain dan kemudian diputar ulang pada yang lain. Misalnya, keterangan dikembangkan dengan menggunakan QuickTime mungkin terlihat baik-baik saja bila dilihat dalam QuickTime tapi kemudian terlihat lebih besar atau lebih kecil ketika kemudian dilihat dalam RealPlayer. 

Sementara banyak yang masih perlu diselesaikan, perbaikan yang cukup besar dalam aksesibilitas telah dibuat. Sebuah captioning bebas dan alat deskripsi, murai, sekarang tersedia untuk menambahkan keterangan dan deskripsi audio untuk file video dan audio. 

Beberapa media player juga telah membuat kemajuan yang besar dalam meningkatkan aksesibilitas dari produk mereka. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang media kaya diakses, kunjungi Pusat Nasional untuk Tools diakses Media & halaman Pedoman web. Halaman web ini mencakup sebuah karya media kaya diakses; tutorial pada captioning audio, video deskriptif, membuat peta dan bentuk-bentuk media yang kaya diakses; strategi untuk menangani masalah-masalah pemain dan lintas-platform, link ke alat untuk media yang kaya authoring.
comments powered by Disqus