Membuat Bootable Windows Untuk DVD/CD

Banyak kesalahan yang terjadi pada saat membuat sebuah DVD atau CD Installer. Salah satu yang paling sering timbul adalah error kita Installer di jalankan. Hal itu di karenakan masalah yang muncul pada saat copy paste file Windows ke hard disk.
Membuat Bootable Windows Untuk DVD/CD Dengan WBI Creator Image
Intinya, masalah yang terjadi ketika Anda hendak hanya meng-copy paste kemudian burn file Windows Setup tersebut adalah Anda tidak membuat CD/DVD yang bootable. Saat itu terjadi dan Anda sama sekali tidak tahu cara membuat CD/DVD tersebut kami punya solusi yang pas buat Anda.
Nama aplikasinya ada WBI Creator yang bisa di unduh tanpa biaya sama sekali dengan catatan program ini tidak di komersilkan pengguna. Berikut adalah cara-cara penggunaanya.
  1. Download terlebih dahulu WBI Creator di http://www.deviantart.com/download/260819526/windows_bootable_image_creator_by_vishal_gupta-d4ba9mu.zip.
  2. Ekstrak file tersebut dan jalankan aplikasi EXE nya. Aplikasi ini tidak membutuhkan ruang space untuk installasi karena bersifat portable. Membuat Bootable Windows Untuk DVD/CD Dengan WBI Creator Image
  3. Bila di jalankan pertama kali, halaman awal hanya menampilkan informasi singkat tentang WBI Creator. Saat artikel ini di tulis, WBI Creator hanya mendukung pembuatan bootable image untuk platform Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7. Belum tersedia versi Mac dan Linux. Selanjutnya klik tombol NextMembuat Bootable Windows Untuk DVD/CD Dengan WBI Creator Image
  4. terdapat beberapa pilihan OS dan buatlah label nya sesuka hati. Pada bagian Setup Location, arahkan ke folder yang berisi installer Windows. Di Output Path, tentukan lokasi hasil penyimpanan data nantinya. Membuat Bootable Windows Untuk DVD/CD Dengan WBI Creator Image
  5. Berlanjut ke tahap selanjutnya menampilkan pembuatan bootable untuk image file. Jika pembuatan bootable image selesai, Anda bisa klik tombol Close. Aplikasi ini akan langsung menampilkan target path yang sudah Anda tetapkan sebelumnya.
  6. Apabila Anda sudah mendapatkan Image File dalam format .ISO, burning lah file tersebut dengan aplikasi burning unggulan anda. Setelah selesai proses burn, Anda pun bisa leluasa melakukan booting dari CD/DVD yang sudah anda buat sebelumnya.
Dengan adanya bantuan aplikasi ini, anda tak perlu lagi ragu akan terjadi kegagalan dalam membuat CD/DVD Installer.

comments powered by Disqus