Minuman Manisan Yang Membuat Rambut Beruban !

Ghiboo.com - Rambut memutih atau uban seringkali dikaitkan dengan proses penuaan. Namun, anggapan itu tak sepenuhnya tepat karena ternyata konsumsi makanan juga memicu rambut beruban.

Ahli medis Mark Rosenberg, M.D. menilai, pemutihan pada rambut bukan disebabkan oleh penuaan, melainkan akibat kekurangan nutrisi. Melalui HealthyAnswers.com, Mark Rosenberg mengungkapkan bahwa kekurangan nutrisi seperti antioxidan dan magnesium menyebabkan efek domino yang membuat rambut tak mampu mempertahankan warna aslinya.

"Rambut memutih seringkali membuat orang merasa tua dan kehilangan semangat setiap kali mereka melihat diri mereka di cermin. Banyak dari mereka yang mewarnai rambut agar tetap terlihat lebih muda. Dengan hasil penelitian ini, mereka bisa mengetahui penyebab yang lebih tepat rambut beruban, yaitu kekurangan nutrisi tertentu," jelas Rosenberg.

Menurut Rosenberg, ada jenis makanan dan minuman yang harus dihindari agar seseorang tidak kekurangan magnesium. Kebanyakan adalah makanan dan minuman yang manis dan banyak digemari.

Soda
Minuman bersoda yang dikonsumsi secara rutin per minggu atau bahkan per hari dapat menyebabkan kekurangan magnesium. Rosenberg mengatakan, kandungan fosfor di dalam soda akan mengikat magnesium di dalam tubuh dan membawanya keluar tubuh melalui pembuangan.

Makanan yang memiliki kandungan gula tinggi
Siapa tak suka makan kue? Jenis kue seperti cake, pai, pastry, mayoritas memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak gula. Kandungan gula yang tinggi itu, menurut Rosenberg, akan menggiring magnesium keluar dari tubuh melalui ginjal.

Kafein
Seperti halnya soda dan kue manis, minuman yang mengadung kafein seperti kopi dan teh juga bisa menyebabkan seseorang kekurangan magnesium.

Setelah mengetahui penyebab rambut memutih, kini Anda tak perlu lagi khawatir merasa tua. Cukup hindari konsumsi berlebih dari makanan dan minuman di atas dan pilih pola makan yang lebih sehat agar rambut tak cepat beruban. 
comments powered by Disqus