Cara Mengatasi NTLDR Missing


Salah satu Permasalahan kerusakan system komputer adalah pesan missing NTLDR yang biasanya muncul saat komputer melakukan booting pertama kali. Hal ini disebabkan  hilangnya file system sehingga pada saat booting komputer tidak menemukan salah satu file system, penyebab kesalahan ini bisa terjadi karena karena komputer dimatikan tidak normal atau tidak di shutdown, bila mematikan komputer tidak normal beberapa kali, kemungkinan akan menyebabkan track hardisk mengalami kerusakan sehingga terjadi bad sactor, atau system tidak dapat melakukan proses penyimpanan pada regystry yang biasanya dilakukan pada saat kita shutdown, itulah sebabnya pada saat proses shutdown agak lama, karena komputer akan menyimpan ke system registry dan mengembalikan haed hardisk ke posisi netral.

Bila komputer dimatikan tanpa proses shutdown, maka head hardisk tetap berada di tengah cylinder hardisk, sehingga pada saat kita menghidupkan kembali komputer, secara tiba2 head hardisk akan menggores cylinder hardisk sehingga terjadi kerusakan track dimana track tersebut berisikan file system yang diperlukan agar system windows bekerja.
Jika salah satu file system rusak dan tidak dapat dibaca oleh komputer maka akan muncul pesan NTLDR Missing dan komputer akan minta perintah Ctrl+Alt+Del untu restart kembali.
Selain dari kesalahan pengoperasian, hilangnya salah satu file system kemungkinan lain karena serangan firus yang mendelete salah satu file system, atau karena menginstall sebuah program yang tidak sesuai dengan spesifikasi system OS pada komputer tersebut.
Biasanya komputer yang gagal untuk masuk ke system operasi untuk memperbaikinya agak sedikit rumit.
Jika komputer menggunakan partisi dengan system file FAT32, caranya lebih mudah daripada NTFS. Hal ini lebih karena faktor keamanan yang lebih kuat di NTFS sehingga membongkarnya pun menjadi sulit. untuk windows 98 dengan system Fat 32 cukup dengan melakukan booting menggunakan startup disk Win98, lalu menyalin file NTLDR atau NTDETECT.COM dari direktori i386 ke direktori C:\.
Sedangkan untuk system files NTFS, langkah langkah yang bisa dilakukan antara lain :
  1. Setting Bios agar boting melalui CD/DVD Room
  2. Masukan dan boot menggunakan CD WindowsXP.
  3. Tekan sembarang tombol keyboard pada saat muncul pesan “Press any key for on boot CD Room”
  4. Saat muncul pilihan untuk melakukan Repair Windows, tekan tombol R pada keyboard.
  5. Lalu tekan nomor yang sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang akan diperbaiki, biasanya pilih angka 1.
  6. Ketik password administrator saat diminta, bila sebelumnya kita tidak pernah mengisi password administrator saat instalasi Windows pertama kali, langsung tekan Enter.
  7. Ketik perintah berikut : (X: merupakan drive untuk CDROM).
  • COPY X:\i386\NTLDR C\:
  • COPY X:\i386\NTDETECT.COM C:\
  • Keluarkan CD dari CDROM lalu ketik exit.

comments powered by Disqus