Manfaat Menonton TV

 Kelamaan menonton TV memang berbahaya bagi kesehatan. Berlama-lama duduk di depan layar televisi memicu berbagai gangguan kesehatan, termasuk obesitas.

Meskipun TV sering dicap buruk, beberapa penelitian menunjukkan manfaat lain dari kebiasaan menonton TV. Berikut penjelasannya, dilansir melalui Men'shealth (8/10).

3 Kebaikan Nonton TV Bagi KesehatanMenenangkan saraf

Stres di kantor? Coba nonton National Geographic atau Animal Planet di TV Anda. Pasalnya, hasil riset yang dipublikasikan dalam Personality and Social Psychology Bulletin mengungkapkan bahwa menonton pemandangan alam dapat membangkitkan energi, membuat bahagia dan mengurangi stres.

Mempertajam kreativitas

Mendadak otak jadi buntu? Pasang TV di ruang kerja Anda. Penelitian dalam Journal of Consumer Research menjelaskan bahwa kebisingan dari TV mengakibatkan kinerja otak sedikit terganggu. Inilah yang menyebabkan otak akan bekerja lebih keras, sehingga pada akhirnya meningkatkan kemampuan Anda untuk berpikir kreatif.

Selain itu, penelitian lain oleh Lancaster University mengungkapkan menonton tayangan supranatural atau penyihir, seperti Harry Potter, memungkinkan seseorang untuk menciptakan dunia imajiner yang fantastis sehingga membantu meningkatkan kreativitas.

Bikin tekun

Penelitian oleh University at Buffalo Research Institute menunjukkan menonton tayangan favorit di TV dapat mendorong Anda untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas yang rumit. Menonton TV juga mendorong energi yang lebih besar, sehingga bisa menyelesaikan tugas sulit dengan hasil yang memuaskan.


comments powered by Disqus