Bahasa Indonesia UKK kelas XI

Admin | |
Kisi kisi ukk b.indonesia kelas XI ( pembimbing bu yeni )

1. Menyimpulkan paragraf
2. cara penyampaian laporan
3. pengertian ringkasan
4. pengertian laporan & ciri ciri laporan
5. wacana deskripsi (pengertian)
6. pengertian wacana narasi
7. pengertian wacana argumentasi
8. beberapa objek yang dapat dideskripsikan
9. pengertian notolen dan notulis
10. pengertian simpulan
11. pengertian wacana exsposisi
12. membuat karangan narasi
13. menjelaskan grafik
14. sistematika / susunan penulisan laporan diskusi
15. menyimpulkan paragraf
16. membuat penjelasan negosiasi
17. membuat karangan deskripsi

jawaban :
1,2 hanya judul
3.     ringkasan adalah suatu bentuk perjanjian singkat dari suatu karangan asli dengan tetap mempertahankan perbandingan bagian atau bab dari karangan asli secara proposional dalam bentuknya yang singkat itu.
4.     • laporan adalah informasi faktual yang ditulis / atau disampaikan sesuai peristiwa yang terjadi.
    • ciri ciri laporan : bersifat objektif, kata atau kalimat yang dipakai mudah dipahami, membuat berita atau peristiwa menarik, menyajikan fakta akurat dan meyakinkan, ditulis dalam bahasa baik dan jelas, isinya disajikan secara sistemasits.
5.    • wacana deskrispsi adalah karangan yang menggambarkan suatu obejek dengan jelas sehingga pembaca seolah - olah merasakan / melihat secara langsung objek tersebut.
6.    • narasi adalah wacana atau karangan yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian sehingga pembaca seolah - olah mengalami sendiri kejadian yang diceritakan itu.
7.    • argumentasi adalah karangan / wacana yang berisi pendapat atau gagasan seseorang terhadap suatu hal yang sifatnya subjektif.
8.    • benda, orang, perasaan, keadaan sekitar dan lain lain.
9.    • notolen adalah laporan diskusi = catatan singkat hasil diskusi/rapat.
    • notulis adalah
10.    • simpulan adalah rumusan singkat dari 2 atau lebih pernyataan yang saling berhubungan.
11.    • wacana eksposisi adalah menjelaskan / menerangkan suatu hal atau objek yang bertujuan memberitahu / menginformasikan suatu hal kepada pembaca.
12.    • intinya harus ada : tokoh, kejadian, latar.
13.    • contoh kesimpulan : jadi secara umum unit - unit usaha itu relatif tetap dalam arti tidak mengalami penurunan atau kenaikan yang berarti.
14.    • sistematika laporan diskusi yaitu :? judul/tema ? waktu ? peserta diskusi ? pembicara ? moderator ? pokok - pokok acara keputusan - keputusan penting ? kesimpulan ? tindak lanjut ? lampiran.
15.    • paragraf / alinea merupakan badian dari wacana yang merupakan kesatuan.
16.    • negosiasi bertujuan menentukan kesepakatan dari dua kepentingan berbeda. ada beberapa unsur negosiasi yaitu : ? ada dua pihak yang terlibat ? ada kepentingan yang berbeda sehingga menimbulkan ketidak harmonisan ? ada perundingan atau pembicaraan sebagai usaha untuk berdamai.
17.    • karangan deskripsi dalam keadaan diri kamu sendiri dalam jangka waktu 5-10 tahun kedepan.
    5 tahun kedepan umurku 21-26 tahun, aku baru lulus kuliah di ITB (insya allah)  dibidang informatika, niatnya saya bekerja sambil berwirausaha kecil-kecilan yang sejak duduk di bangku kelas XI smk merdeka sudah di calonkan/perwakilan sekolah untuk pelatihan kewirausahaan di SMK 10 (sekolah kesenian di bandung) saya ter-inspirasi oleh ibu ENDANG SADBUDHY RAHAYU, MBA jambi, 13 februari 1960 beliau sangat memberi semangat dan memberi rencana untuk kedepannya kepada saya dan anak anak merdeka,smk 14,smk 10 yang saat itu hadir dalam acara kewirausahaan di audiotorium SMK10 bandung, saya sendiri sangat banyak wawasan setelah 2 hari pelatihan bersama beliau. dan saya bertujuan kedepannya ingin dapat menggunakan wawasan ibu endang. saat usia saya 16 saya ingin dapat mengasah kemampuan saya walaupun banyak rintangan yang menerjang jalannya kesuksesan, setelah saya lulus kuliah kemungkinan saya sedang bekerja dicikarang bersama ayahku disana (tapi kemungkinan besar yang lebih tau yang Maha kuasa) karena ini hanya
karangan deskripsi yang membuat para pembacanya merasakan apa yang telah diceritakan oleh penulis dan bertujuan untuk meng-ilustrasikan serta visi,misi dan tujuan terhadap seorang penulisan untuk kelanjutan hidupnya dimasa yang akan datang dan supaya sipenulis dapat mewujudkannya di masa yang akan datang dengan planning terlebih dahulu :) , saya harap saya dapat memberi hasil usahaku, kerja kerasku terhadap orang tua ku yang selama ini membersarkan ku dan melahirkanku kedunia ini dengan penuh rasa kasih sayang terhadap sipenulis, seperti kasih sayang orangtua terhadap orangtuanya. sesudah hal hal itu tercapai sebelum ajal menjemput orangtuaku saya ingin memberangkatkan ke mekkah (haji) untuk rukun iman yang terakhir karena saya sangat sayang terhadap orangtua mungkin balasan yang aku berikan masih belum setimpal dengan apa yang mereka lakukan terhadapku saat aku masih bayi - hingga saat ini (insya allah terlaksana). selanjutnya saya ingin membangun rumahku sendiri dengan desainku sendiri ya dari sekarang sih lagi bikin sketsa sketsa nya pakai google sketch, kalau pakai autocad masih pemula dan masih newbie :) masih perlu ditingkatkan lagi, dan sebelum menikah saya ingin membangun rumahku sendiri terlebih dahulu. setelah semuanya terlaksana aku ingin menikah dengan seorang istri yang bijaksana walaupun tidak terlalu bijaksana dalam hal apapun , cukup mengerti dan dewasa karena umur itu tidak menentukan seberapa dewasnya ia terhadap apa yang dilakukannya saat ini, ada pepatah berkata : banyak orang tua yang umurnya sudah pulahan tahun tetapi mereka masih belum dewasa dan bijaksana tetapi banyak pula usia belasan tahun bisa menentukan dewasa dan bijaksana terhadap dirinya sendiri karena mungkin faktor zaman kali ya ? :D hehe . sekian wacana deskripsinya ya bila ada kata kata kurang baku dan kurang baik penempatannya mohon di maklum , karena manusia banyak salahnya dan salahnya itu awal untuk memperbaiki :) . good boy © copyright chellme ~ bahasa indonesia kelas XI
Tags : ,

Related Post